Simak Evolusi Gril Unik dan Khas Milik Lexus

Tokyo, KompasOtomotif – Beberapa tahun terakhir Lexus konsisten dengan gril model spindle atau biasa disebut spindle grille. Kisi-kisi udara pada bagian depan itu punya ciri khas berbentuk dua trapesium yang diikat, dan sepertinya bakal menjadi ciri khas dalam model-model baru.

Gril macam itu sudah menjadi karakteristik desain Lexus modern seperti CT, SUV NX, hingga RC-F coupe atau sedan IS. Dalam wawancara yang dilakukan LexusEnthusiast.com kepada Takeshi Tanabe, Manager of Global Design Toyota dan Lexus, identitas Lexus tersebut akan berlanjut dan berevolusi.

Tanabe-san juga mengatakan bahwa desain spindle grille tidak akan berubah, namun tetap akan mengikuti perkembangan teknologi, terutama meningkatkan performa sistem pendingin mesin. Perkembangan teknologi ini akan menginspirasi para desainer untuk mengembangan kisi-kisi udara.

Dari laporan itu, diketahui bahwa Lexus akan memperkenalkan generasi baru LS, sedan mewah yang akan menggawangi segmen flagship. Sebagai model yang advance, Toyota akan menerapkan teknologi otonomos, menggunakan adaptive cruise control dibantu dan steering assist, dibantu laser.

Tanabe mengatakan bahwa teknologi tersebut bakal sedikit banyak mengubah desain gril Lexus. Kemungkinan karena kisi-kisi udara akan menjadi tempat persembunyian berbagai macam sensor yang mendukung teknologi otonomos.

Kendati demikian, Tanabe kembali menegaskan bahwa desain gril Lexus tetap akan mengacu pada konsep spindle gril dengan estetika yang bercita rasa tinggi. Konsep LF-SA adalah contoh, bagaimana kisi-kisi udara Lexus berkembang namun tetap mempertahankan ciri khas.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/07/28/085600815/Simak.Evolusi.Gril.Unik.dan.Khas.Milik.Lexus

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »